> Pengertian Sistem Pakar

Sistem Pakar atau Expert System merupakan salah satu dari bidang penelitian dalam pengembangan kecerdasasan buatan dan merupakan suatu sistem komputer yang bertujuan memecahkan suatu persoalan dengan cara meniru pola pikir manusia yaitu pekerjaan seorang pakar. Sistem Pakar adalah perangkat lunak khusus tingkat tinggi yang berusaha mewakili kerja seorang ahli atau pakar dalam suatu bidang keahliannya. Dengan demikian orang yang tidak mempunyai keahlian tertentu akan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi berdasarkan sistem yang ada.

Sistem Pakar adalah bagian dari kecerdasan buatan yang merupakan program berbasis pengetahuan untuk menyelesaikan masalah dengan kualitas pakar. Sistem pakar dapat mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan seorang pakar atau beberapa orang pakar dalam komputer. Pengetahuan tersebut kemudian digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya. Sistem pakar dibuat dengan mendapatkan pengetahuan dari seorang pakar, kemudian dilakukan pengkodean ke bentuk yang dapat diproses oleh komputer untuk menyelesaikan persoalan yang sejenis. Sistem pakar sangat tergantung pada suatu bidang dalam menyusun penyelesaian persoalan yang dihadapi oleh sistem. Konsep dasar sistem pakar dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Konsep Dasar Sistem Pakar

 

Menurut Turban (1995), terdapat tiga orang yang terlibat dalam lingkungan sistem pakar, yaitu:

  1. Pakar : Pakar adalah orang yang memiliki pengetahuan khusus, pendapat, pengalaman dan metode, serta kemampuan untuk mengaplikasikan keahliannya tersebut guna menyelesaikan masalah.
  2. Perekayasa Sistem ( Knowledge engineer ) : Perekayasa sistem adalah orang yang membantu pakar dalam menyusun area permasalahan dengan menginterpretasikan dan mengintegrasikan jawaban-jawaban pakar atas pertanyaan yang diajukan, menggambarkan analogi, mengajukan counter example dan menerangkan kesulitan-kesulitan konseptual.
  3. Pemakai : Sistem pakar memiliki beberapa pemakai, yaitu pemakai bukan pakar, pelajar, pembangun sistem pakar yang ingin meningkatkan dan menambah basis pengetahuan, dan pakar.

> Keuntungan dan Kelemahan Sistem Pakar

Sistem pakar ( expert system ) merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasihat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan dan sebagainya. Beberapa hal yang menguntungkan program sistem pakar adalah sebagai berikut :

  1. Memungkinkan seorang awam dapat melakukan pekerjaan seorang pakar.
  2. Dapat meningkatkan produktivitas kerja.
  3. Dapat menghemat waktu dalam menyelesaikan suatu masalah.
  4. Dapat digunakan dimana saja tanpa kehadiran seorang pakar suatu bidang yang akan dipecahkan.
  5. Merupakan suatu arsip yang terpercaya dari sebuah keahlian seorang pakar untuk mengatasi kelangkaan dari seorang pakar.

Seperti halnya dengan produk manusia lainnya disamping ada kelebihan juga terdapat kekurangan. Adapun beberapa kekurangan dari program sistem pakar ialah sebagai berikut :

  1. Pembuatan dan pengembangan program sistem pakar merupakan pekerjaan yang melelahkan dan memerlukan biaya yang besar.
  2. Pengembangan sistem pakar sangat sulit karena sulitnya mencari seorang pakar yang baik.
  3. Sistem pakar tidak selalu benar sebab itu perlu dilakukan pengujian secara berulang-ulang.
  4. Jawaban yang diterima tidak selalu benar bila basis pengetahuan yang dibuat tidak akurat atau kurang sempurna.

> Struktur Sistem Pakar

Sistem pakar disusun oleh dua bagian utama, yaitu lingkungan pengembangan ( Development Environtment ) dan lingkungan konsultasi ( Consultation Environtment ). Lingkungan pengembangan sistem pakar digunakan untuk memasukkan pengetahuan pakar ke dalam lingkungan sistem pakar, sedangkan lingkungan konsultasi digunakan oleh pengguna yang bukan pakar guna memperoleh pengetahuan pakar. Komponen-komponen sistem pakar dalam kedua bagian tersebut dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.

 

Struktur Sistem Pakar

 
 
     
  LOGIN
     
Username
:
Password
:
     
 
  SUPPORTED
 
 
   
     
 
 
 
@2008 Informatic Engineering